NVIDIA Meluncurkan GeForce RTX 3050 dan RTX 3050 Ti untuk Laptop

May 30, 2021 Gambling  No comments

TeknologiTerbaru : Bertepatan dengan peluncuran Intel Tiger Lake-H CPU untuk laptop performa tinggi hari ini, NVIDIA juga menggunakan kesempatan tersebut untuk meluncurkan jajaran terbaru video card laptop mereka, GeForce RTX 3050 dan RTX 3050 Ti For Laptops. Berdasarkan GPU Ampere NVIDIA terbaru dan terkecil, GA107, seri RTX 3050 akhirnya melengkapi penawaran laptop NVIDIA lainnya, memperkenalkan kartu video seluler yang lebih cocok untuk sistem daya menengah, dan lebih murah daripada RTX 3060 untuk booting. Laptop yang dilengkapi adaptor video RTX 3050 baru akan tersedia hari ini, dengan semua vendor besar siap untuk mengirimkan laptop menggunakan adaptor laptop terbaru NVIDIA dalam waktu dekat.

Tingkat xx50 kartu video laptop NVIDIA secara tradisional telah menjadi produk volume tinggi / harga rendah perusahaan untuk laptop, dan keluarga RTX 3050 juga demikian. Laptop dengan adaptor baru akan mulai dari $ 799, dan akan sering muncul sebagai opsi dasar di laptop Tiger Lake-H. Dengan Intel hanya mengirimkan 32 UE dalam GPU terintegrasi Tiger Lake – hanya sepertiga dari jumlah yang ada di Tiger Lake-U – Intel tidak menetapkan standar untuk kinerja grafis yang sangat tinggi dalam generasi CPU seri-H ini. Hasilnya, ada pasar yang terbuka lebar untuk adaptor grafis kelas bawah terbaru NVIDIA untuk meningkatkan performa grafis mesin ini.

Dan, seperti RTX 3060 For Laptops diluncurkan kembali pada awal tahun, sebenarnya pasar laptoplah yang mendapatkan silikon terbaru terlebih dahulu. Untuk seri RTX 3050, NVIDIA meluncurkan GPU GA107 baru mereka. Dipotong dari kain yang sama dengan keluarga Ampere lainnya, chip Ampere ke-5 NVIDIA adalah yang terkecil dan termurah, memenuhi strategi peluncuran air terjun tradisional perusahaan untuk meluncurkan chip yang secara berturut-turut lebih murah dan berdaya rendah / berperforma rendah untuk pasar tambahan. Sebagai tambahan, ini adalah produk tingkat xx50 pertama yang memiliki penelusuran sinar – dan dengan demikian memenuhi syarat untuk moniker RTX – jadi harap melihat NVIDIA mempromosikan aspek itu dengan agak keras.

NVIDIA biasanya meluncurkan dua bagian pada tingkat xx50 untuk laptop, dan untuk generasi ini NVIDIA telah mengikuti tradisi. Di bagian atas adalah RTX 3050 Ti, implementasi GA107 full-fat (atau hampir sama) dengan 20 SM, dengan total 2.560 core CUDA. Di bawahnya adalah RTX 3050 (vanilla), dengan 16 SM untuk 2048 core CUDA. Karena ini adalah bagian keluarga Ampere, NVIDIA telah menjaga blok fungsional GPU dasar proporsional di seluruh jajaran, jadi kami melihat inti tensor 80/64 dan inti penelusuran sinar 20/16 untuk masing-masing RTX 3050 Ti dan RTX 3050.

Setelah itu, NVIDIA tidak terlalu banyak berbagi tentang GA107 secara khusus. Kami masih menunggu untuk mengetahui ukuran die dan jumlah transistor (seberapa jauh lebih kecil dari 276mm2 GA106?), Serta beberapa detail seperti jumlah ROP.

Adapun clockspeeds, kedua bagian laptop RTX 3050 memiliki clockspeed yang sedikit lebih sederhana, karena opsi TDP yang lebih rendah. Secara resmi, boost clock untuk RTX 3050 Ti untuk laptop berada di antara 1035MHz dan 1695MHz, tergantung pada apa yang dialirkan oleh OEM. Sementara itu vanilla RTX 3050 untuk laptop mendarat antara 1057MHz dan 1740MHz; sedikit lebih tinggi daripada versi Ti, karena lebih sedikit SM yang diaktifkan di bagian ujung bawah.

Sementara itu, kedua adaptor akan dikirimkan dengan memori GDDR6 4GB. Kami masih menunggu konfirmasi dari NVIDIA tentang kecepatan jam, tetapi 12Gbps adalah taruhan yang wajar untuk alasan daya dan biaya. Kedua kartu hadir dengan bus memori 128-bit – pilihan desain khas lainnya untuk bagian tingkat xx50 – jadi ini menempatkan bandwidth memori kartu pada atau di atas 192 GB / detik.

Akhirnya, kedua bagian menawarkan jendela TDP 35 Watt hingga 80 Watt yang sama. Rentang yang sangat luas ini memungkinkan suku cadang RTX 3050 cocok untuk digunakan dalam segala hal mulai dari laptop gaming 13 inci hingga laptop workstation 17 inci. Meskipun ini juga menggarisbawahi fakta bahwa kinerja kartu akan sangat bervariasi dari OEM ke OEM, karena tunjangan daya dan pendinginan merupakan elemen kinerja yang sangat penting. Secara keseluruhan, suku cadang RTX 3050 baru hadir dengan TDP yang lebih rendah daripada RTX 3060 – yang dimulai pada 60 Watt – yang membuka pintu untuk digunakan dalam lebih banyak desain, meskipun saya sepenuhnya berharap RTX 3060 menjadi lebih efisien di mana bagian-bagiannya tumpang tindih dalam konsumsi daya.

Harapan Kinerja & 140 Kemenangan

Baik atau buruk, NVIDIA tidak menghabiskan banyak waktu untuk membicarakan kinerja sebenarnya dari adaptor laptop kelas bawahnya, dan seri RTX 3050 tidak terkecuali. Fokus promosi perusahaan lebih pada fitur dan perbandingannya dengan grafik terintegrasi Intel, jadi kami tidak memiliki banyak panduan kinerja untuk dikerjakan. Tidak membantu lagi adalah rentang TDP yang luas, yang berarti desain laptop yang berbeda dapat berakhir dengan kinerja yang sangat jauh.

Untuk game di mana NVIDIA menyediakan data GTX 1650 Ti sebagai titik perbandingan, mereka memiliki RTX 3050 Ti yang kira-kira 60% lebih cepat. Tetapi dengan ukuran sampel dua game, ini harus dianggap sebagai perkiraan yang sangat kasar.

Jika tidak ada yang lain, perkirakan untuk melihat NVIDIA mendorong DLSS lebih keras di sini daripada yang mereka miliki di bagian seri RTX 30 lainnya sejauh ini. Karena ini adalah suku cadang Ampere yang berkinerja paling rendah (hingga saat ini), mereka memiliki sedikit kinerja yang tersisa untuk penelusuran sinar dan efek intensif sumber daya lainnya pada resolusi asli (1080p), jadi NVIDIA akan mengandalkan DLSS untuk membuat fitur-fitur canggih ini layak untuk ini. perangkat keras tingkat pemula.

Jika tidak, sebagai bagian dari keluarga Ampere, RTX 3050 baru untuk akselerator laptop menawarkan rangkaian fitur NVIDIA yang biasa, termasuk fitur laptop yang diluncurkan kembali pada peluncuran RTX 3060 Untuk Laptop awal tahun ini. Jadi ini termasuk dukungan output HDMI 2.1 dan Dynamic Boost 2.0. Selain itu, bahkan suku cadang tingkat awal ini mendukung konektivitas PCI Express 4.0 dan dukungan register alamat dasar (reBAR) PCIe yang dapat diubah ukurannya untuk memaksimalkan kinerja di sana.

Secara keseluruhan, NVIDIA menggembar-gemborkan 140 kemenangan di seluruh pasar konsumen dan profesional (Studio), menggarisbawahi fakta bahwa seri RTX 3050 akan menjadi suku cadang NVIDIA dengan volume tertinggi untuk pasar laptop. Selama bertahun-tahun NVIDIA telah menjalin hubungan simbiosis yang cukup nyaman dengan CPU laptop seri-H Intel – dengan bagian tingkat xx50 menjadi pilihan de facto untuk laptop yang menyertakan GPU diskrit sebagai opsi dasar – dan sepertinya itu akan menjadi pilihan kasus untuk Tiger Lake -H. NVIDIA telah memenangkan laptop 15 inci dan 17 inci dari Dell, Lenovo, HP, dan ASUS, dan masih banyak lagi yang akan datang karena OEM terus meluncurkan laptop seri H generasi berikutnya.

Terakhir, menurut NVIDIA, laptop pertama yang dilengkapi RTX 3050 akan dirilis secepatnya hari ini, tergantung pada jadwal pengiriman masing-masing OEM. Laptop dengan adaptor baru akan mulai dari $ 799.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>